Kamis, 25 Agustus 2022

DESAIN USER INTERFACE



Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas Desain User Interface, stay tune ya ^^

Salah satu faktor yang paling penting dalam sebuah perangkat lunak yaitu user interface. UI digunakan sebagai perantara antara mesin dan manusia dan menjadi daya tarik utama dalam sebuah aplikasi, hal tersebut yang menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya suatu prangkat lunak atau website. Desain user interface memang sangat penting karena itu akan menentukan bagaimana seseorang berinteraksi dengan website dan aplikasi tersebut.


A. PERKEMBANGAN user INTERFACE

Secara sederhana, pengertian user interface adalah suatu media visual grafis yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan mudah dengan mesin yang sedang dikelolanya. Pengguna tidak perlu mengetikan perintah teks seperti pada command prompt. 

User interface berfungsi untuk menjembatani atau menerjemahkan informasi antara user dengen sistem operasi, sehingga komputer bisa didayagunakan oleh user. user interface juga bisa diartikan sebagai mekanisme interrelasi dari hardware dan software yang membentuk pengalaman menggunakan sebuah set komputer.

User interface secara umum terbagi menjadi dua jenis :

1. Command Line Interface (CLI) 

CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text-terminal.

2. Graphical user Interface (GUI)

GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball.

Generasi Perkembangan user Interface

Gaya interaksi mempunyai aspek penting dalam dialog. Gaya interaksi berhubungan erat dengan user interface yang juga mengalami perkembangan yang sangat cepat. Ada lima generasi perkembangan user interface yaitu : 

1. Antarmuka Sistem Berkelompok

2. Antarmuka berorientasi baris perintah

3. Antarmuka Full Screen

4. Antarmuka Pengguna Grafik

5. Antarmuka pengguna masa depan


B. PRINSIP DESAIN user INTERFACE

Untuk membuat desain user interface yang baik dan menarik, terdapat 17 prinsip dasar dalam pembuatan user interface user yang dikemukakan oleh Deborah J. Mayhew yaitu : 

1. User Compatibility

Yang berarti sebuah user interface harus sesuai dengan user yang menggunakannya.

2. Produk Compatibility

 Yang berarti user interface juga harus mempertahankan kompabilitas antar produk.

3. Task Compatibility

Rancanglah user interace sesuai dengan tugas yang akan dilakukan user.

4. Workflow Compatibility

Jika command atau kegiatan yang dapat dilakukan user sangat banyak, maka organisasikan fungsi–fungsi tersebut berdasarkan group atau yang lain agar user dapat lebih mudah melakukan tugasnya

5. Consistency

Command atau fungsi suatu perintah di dalam user interface harus konsisten

6. Familiarity

Gunakan gambaran atau konsep yang sudah familiar/sudah banyak orang tau. 

7. Simplicity

Suatu user Interface yang kompleks dapat membuat user tidak nyaman, maka dari, itu rancanglah user interface dengan tidak menampilkan semua fungsionalitasnya, sembunyikan fungsi–fungsi yang kiranya tidak terlalu sering digunakan

8. Direct Manipulation

Maksudnya adalah user langsung menyaksikan suatu perubahan yang user lakukan.

9. Control, user interface yang akan dibuat harus sepenuhnya dapat mengontrol user. Jangan sampai user menjadi frustrasi gara–gara interface yang out of control

10. WYSIWYG

(What you see is what you get) Tampilan yang disodorkan haruslah tepat seperti yang diinginkan user. 

11. Flexibility, maksudnya adalah bagaimana membuat user interface yang fiturfiturnya dapat dicapai tidak hanya dengan 1 cara saja.

12. Responsiveness

Artinya tampilan antarmuka harus menunjukan respon progress dari proses berjalannya aplikasi itu sendiri.

13. Invisible Technology

User dalam menggunakan aplikasi tidak perlu tahu apa saja yang sedang terjadi saat menggunakan aplikasi tersebut.

14. Robustness

Maksudnya andal. Sistem yang dibuat harus dapat menangani kesalahan user dengan menyediakan recovery atau semacamnya.

15. Protection

User interface yang dibuat harus melindungi user dari kesalahan–kesalahan umum yang sering dilakukan.

16. Ease of Learning

User interface yang dibuat haruslah mudah dipelajari untuk user awam atau baru saja memakai aplikasi.

17. Ease of Use

Maksudnya adalah user interface yang dibuat harus mudah digunakan agar dapat mempercepat kinerja user baik user awam atau user berpengalaman.


C. TUJUAN DAN MANFAAT DESAIN user INTERFACE
1. Memudahkan input data masukan oleh user
User Interface yang baik adalah sebuah interface yang mudah dimengerti dan simpel, semakin simpel sebuah interface dan semakin mudah dimengerti, maka interface akan semakin baik.
2. Membuat program menjadi menarik
Tujuan yang kedua adalah dari sisi seni atau aestetik dari program. Kita dapat melihat setiap aplikasi baik itu web, desktop, maupun aplikasi mobile pastinya memiliki sebuah ciri khas interface tersendiri.
3. Menampilkan hasil pemrosesan data oleh program
Selanjutnya adalah penampilan data, pernahkan Anda menggunakan aplikasi tanpa user interface pada linux seperti aplikasi ifconfig atau aplikasi firewall tanpa user interface.
4. Memudahkan pembacaan data yang dihasilkan oleh program
Tujuan lainnya selain selain penampilan data adalah memudahkan pembacaan data dari sebuah program. 
5. Efisiensi kerja yang dilakukan oleh user
Dengan adanya user interface yang bagus, kerja dari user akan lebih efisien dan tidak membutuhkan waktu ekstra untuk mengerjakan suatu tugas ekstra yang sebenarnya dapat dilakukan oleh user interface yang baik.
6. Memperkecil kesalahan masukan data yang dilakukan oleh user
Sebuah user interface yang baik dapat mengurangi kesalahan masukan data yang dilakukan oleh user.
7. Memberikan kesan familiar pada sebuah program
Penggunaan user interface yang sama atau paling tidak memiliki corak khusus pada sebuah program secara terus menerus akan memberikan kesan yang familiar bagi pengguna program tersebut.
8. Memberikan respon yang jelas untuk setiap aksi yang dilakukan oleh program
Barangkali diantara kita ada yang pernah secara tidak sengaja menjankan program virus atau program malware sejenis. 
9. Menghilangkan ambiguitas dari perintah perintah yang ada 
Sebuah user interface yang baik dapat menghilangkan atau paling tidak mengurangi ambiguitas yang ada pada sebuah program.


D. PROSEDUR PERANCANGAN INTERFACE
Merancang user interface merupakan bagian yang paling penting dari merancang sistem. Biasanya hal tersebut juga merupakan bagian yang paling sulit, karena dalam merancang antarmuka harus memenuhi tiga persyaratan:
  • sebuah antarmuka harus sederhana
  • sebuah antarmuka harus lengkap
  • sebuah antarmuka harus memilki kinerja yang cepat
Elemen-Elemen dalam perancangan antarmuka adalah sebagai berikut :
1. Mendefinisikan konsep. Mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan pengguna dan mendefinisikan desain secara konseptual;
2. Memvalidasi konsep. Mengevaluasi konseptual desain tersebut;
3. Merancang. Mengevaluasi prototype. Menandai dan memperbaiki masalahmasalah yang ditemukan
4. Pengembangan. Melakukan pengujian secara berkala terhadap desain yang lebih dahulu dibuat dan desain yang paling terakhir dibuat. Menandai dan
memperbaiki masalah-masalah yang ditemukan. 

Secara umum desain user interface sangat penting karena itu akan menentukan bagaimana seseorang berinteraksi dengan suatu aplikasi tersebut. user interface juga menentukan apakah pengunjung website atau pengguna aplikasi dapat menavigasi website atau aplikasi dengan mudah


Baiklah teman-teman, mungkin hanya segitu saja informasi yang saya sajikan. Kalau teman-teman ada pertanyaan dapat disampaikan pada kolom komentar di bawah ya 

Sampai jumpa di blog berikutnya

See you next time ^^πŸ‘‹


Posting Komentar