Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas Desain User Interface, stay tune ya ^^
Salah satu faktor yang paling penting dalam sebuah perangkat lunak yaitu user interface. UI digunakan sebagai perantara antara mesin dan manusia dan menjadi daya tarik utama dalam sebuah aplikasi, hal tersebut yang menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya suatu prangkat lunak atau website. Desain user interface memang sangat penting karena itu akan menentukan bagaimana seseorang berinteraksi dengan website dan aplikasi tersebut.
A. PERKEMBANGAN user INTERFACE
Secara sederhana, pengertian user interface adalah suatu media visual grafis yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan mudah dengan mesin yang sedang dikelolanya. Pengguna tidak perlu mengetikan perintah teks seperti pada command prompt.
User interface berfungsi untuk menjembatani atau menerjemahkan informasi antara user dengen sistem operasi, sehingga komputer bisa didayagunakan oleh user. user interface juga bisa diartikan sebagai mekanisme interrelasi dari hardware dan software yang membentuk pengalaman menggunakan sebuah set komputer.
User interface secara umum terbagi menjadi dua jenis :
1. Command Line Interface (CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text-terminal.
2. Graphical user Interface (GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball.
Generasi Perkembangan user Interface
Gaya interaksi mempunyai aspek penting dalam dialog. Gaya interaksi berhubungan erat dengan user interface yang juga mengalami perkembangan yang sangat cepat. Ada lima generasi perkembangan user interface yaitu :
1. Antarmuka Sistem Berkelompok
2. Antarmuka berorientasi baris perintah
3. Antarmuka Full Screen
4. Antarmuka Pengguna Grafik
5. Antarmuka pengguna masa depan
B. PRINSIP DESAIN user INTERFACE
Untuk membuat desain user interface yang baik dan menarik, terdapat 17 prinsip dasar dalam pembuatan user interface user yang dikemukakan oleh Deborah J. Mayhew yaitu :
1. User Compatibility
Yang berarti sebuah user interface harus sesuai dengan user yang menggunakannya.
2. Produk Compatibility
Yang berarti user interface juga harus mempertahankan kompabilitas antar produk.
3. Task Compatibility
Rancanglah user interace sesuai dengan tugas yang akan dilakukan user.
4. Workflow Compatibility
Jika command atau kegiatan yang dapat dilakukan user sangat banyak, maka organisasikan fungsi–fungsi tersebut berdasarkan group atau yang lain agar user dapat lebih mudah melakukan tugasnya
5. Consistency
Command atau fungsi suatu perintah di dalam user interface harus konsisten
6. Familiarity
Gunakan gambaran atau konsep yang sudah familiar/sudah banyak orang tau.
7. Simplicity
Suatu user Interface yang kompleks dapat membuat user tidak nyaman, maka dari, itu rancanglah user interface dengan tidak menampilkan semua fungsionalitasnya, sembunyikan fungsi–fungsi yang kiranya tidak terlalu sering digunakan
8. Direct Manipulation
Maksudnya adalah user langsung menyaksikan suatu perubahan yang user lakukan.
9. Control, user interface yang akan dibuat harus sepenuhnya dapat mengontrol user. Jangan sampai user menjadi frustrasi gara–gara interface yang out of control
10. WYSIWYG
(What you see is what you get) Tampilan yang disodorkan haruslah tepat seperti yang diinginkan user.
11. Flexibility, maksudnya adalah bagaimana membuat user interface yang fiturfiturnya dapat dicapai tidak hanya dengan 1 cara saja.
12. Responsiveness
Artinya tampilan antarmuka harus menunjukan respon progress dari proses berjalannya aplikasi itu sendiri.
13. Invisible Technology
User dalam menggunakan aplikasi tidak perlu tahu apa saja yang sedang terjadi saat menggunakan aplikasi tersebut.
14. Robustness
Maksudnya andal. Sistem yang dibuat harus dapat menangani kesalahan user dengan menyediakan recovery atau semacamnya.
15. Protection
User interface yang dibuat harus melindungi user dari kesalahan–kesalahan umum yang sering dilakukan.
16. Ease of Learning
User interface yang dibuat haruslah mudah dipelajari untuk user awam atau baru saja memakai aplikasi.
17. Ease of Use
Maksudnya adalah user interface yang dibuat harus mudah digunakan agar dapat mempercepat kinerja user baik user awam atau user berpengalaman.
- sebuah antarmuka harus sederhana
- sebuah antarmuka harus lengkap
- sebuah antarmuka harus memilki kinerja yang cepat
Secara umum desain user interface sangat penting karena itu akan menentukan bagaimana seseorang berinteraksi dengan suatu aplikasi tersebut. user interface juga menentukan apakah pengunjung website atau pengguna aplikasi dapat menavigasi website atau aplikasi dengan mudah
Baiklah teman-teman, mungkin hanya segitu saja informasi yang saya sajikan. Kalau teman-teman ada pertanyaan dapat disampaikan pada kolom komentar di bawah ya
Sampai jumpa di blog berikutnya
See you next time ^^π

Posting Komentar